Ketika Transformasi Mencari Bentuknya

Transformasi dimulai dengan Wawasan Pertama di mana pada awalnya wawasan ini senantiasa muncul ke permukaan secara tidak sadar, sebagai kegelisahan yang mendalam. Pertama-tama kita tidak yakin. Menurut Manuskrip, kita mulai melihat sekilas semacam pengalaman alternatif—momen-momen di dalam hidup kita yang entah bagaimana terasa berbeda, lebih intens, dan membangkitkan semangat. Tetapi kita tidak tahu apa sebetulnya pengalaman ini, atau bagaimana membuatnya bertahan, dan bila berakhir, kita merasa tidak puas dan gelisah dengan hidup yang kembali tampak biasa.

Kita semua tengah mencari pemenuhan yang lebih utuh di dalam hidup kita, dan kita tidak akan tahan dengan apa pun yang tampaknya akan membawa kita turun. Pencarian yang gelisah ini ialah apa yang ada di balik sikap “me-first—aku paling dulu” yang merupakan ciri dekade belakangan ini dan mempengaruhi setiap orang, dari Wall Street sampai kelompok geng jalanan.

Mengingat kebanyakan penyakit masyarakat belakangan ini dapat dilacak bersumber pada pencarian dan kegelisahan ini, problem ini bersifat sementara, dan akan sampai pada akhirnya. Kesudahannya, kita akan sadar mengenai apa yang sebenarnya kita cari, apa sebetulnya pengalaman lain yang lebih mengisi ini. Bila kita menangkapnya secara penuh, kita akan menguasai WAWASAN PERTAMA.

Leave a comment